1.Jelaskan salah satu metode yang digunakan untuk mengamankan layanan telematika!
Salah satu metode untuk mengamankan layanan telematika adalah kriptografi. Kriptografi adalah suatu ilmu ataupun seni mengamankan pesan yang berhubungan dengan pengiriman data, enkripsi data dilakukan oleh cryptographer. Enkripsi adalah teknik pengkodean data yang berguna untuk menjaga data atau file di dalam komputer maupun pada jalur komunikasi dari pemakai yang tidak dikehendaki.

Kriptografi digunakan untuk mencegah orang yang tidak berhak untuk memasuki komunikasi, sehingga kerahasiaan data dapat dilindungi. Secara garis besar, kriptografi digunakan untuk mengirim dan menerima pesan. Kriptografi pada dasarnya berpatokan pada key yang secara selektif telah disebar pada komputer yang berada dalam satu jaringan dan digunakan untuk memproses suatu pesan.

Kriptografi dapat memenuhi kebutuhan umum suatu transaksi:
•Kerahasiaan (confidentiality) dijamin dengan melakukan enkripsi.
•Keutuhan (integrity) atas data-data pembayaran dilakukan dengan fungsi hash satu arah.
•Jaminan atas identitas dan keabsahan (authenticity) pihak-pihak yang melakukan transaksi dilakukan dengan menggunakan password atau sertifikat digital. Sedangkan keotentikan data transaksi dapat dilakukan dengan tanda tangan digital.
•Transaksi dapat dijadikan barang bukti yang tidak bisa disangkal (non-repudiation) dengan memanfaatkan tanda tangan digital dan sertifikat digital.

2.Jelaskan menurut pendapat masing- masing tentang salah satu contoh kasus yang terdapat dalam kehidupan sehari- hari mengenai gangguan yang muncul dalam mengakses layanan telematika!

Telepon dan Internet adalah salah satu contoh layanan telematika, contoh kasus pada layanan telpon yaitu terkadang terjadi noise yang menyebabkan suara telpon menjadi terputus-putus, kejadian ini sering terjadi ketika kita sedang berada di lantai paling tinggi gedung dan contoh kasus pada layanan internet yaitu terjadi noise pada saat hujan turun yang menyebabkan layanan internet agak terhambat (loading yang agak lama dan terkadang internet yang tiba-tiba terputus), siaran TV yang tiba-tiba hilang gambarnya ataupun buram. Contoh lainnya adalah serangan virus pada sistem komputer yang terhubung internet yang mengakibatkan data menjadi terhidden ataupun sistem komputer menjadi hang atau error.

3.Apa perbedaan metode pengamanan layanan telematika antara perangkat yang menggunakan kabel dengan perangkat wireless?

Wired Communication
oPerlu adanya keamanan pada jaringan kabel
oKomunikasi telematika pada kabel lebih mudah dikontrol, karena mudah pengecekannya
oPenyadapan data telematika melalui komunikasi kabel lebih kecil

Wireless Communication
oPerlu adanya keamanan pada jaringan wireless
oKomunikasi telematika pada jaringan tanpa kabel lebih sulit dikontrol, karena melalui media yang fisiknya tidak terlihat
oPenyadapan data telematika melalui komunikasi tanpa kabel kemungkinan lebih besar
oPerlu adanya sistem keamanan yang baik dalam jaringan tanpa kabel