1. Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang perkembangan teknologi informasi dalam penyebarluasan informasi!

• Tahun 1951-1958: Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Lebih cepat panas dan mudah terbakar serta membutuhkan puluhan tabung vakum untuk menjalankan keseluruhan proses komputer. Penggunaan bahasa mesin (Assembly).
• Tahun 1959-1963: Penemuan transistor menggantikan tabung vakum. Penggunaan bahasa tingkat tinggi (COBOL dan FORTRAN).
• Tahun 1964-1979:
a) Pengembangan sirkuit terintegrasi (IC) yang menggantikan transistor
b) Pengembangan bahasa pemrograman BASIC
c) Tahun 1965: Sistem Operasi Unix
d) Tahun 1969: Proyek ARPANET sebagai cikal bakal internet
• > Tahun 80-an:
a) Pengembangan LSI dan VLSI yang dapat menampung ribuan komponen dalam satu chip
b) Mikroposessor yang terdiri dari rangkaian memori, logika dan kontrol (CPU/central processing unit) dalam satu chip
• Tahun 1977: Steve Jobs merilis Apple II
Tahun 1981: IBM-PC memperkenalkan MS-DOS
Tahun 1991: Linus Torvalds memperkenalkan OS Linux
Tahun 1995: Windows 95
90-an: dot com bubble-> pertumbuhan internet yang ditandai dengan didirikannya banyak perusahaan online.
Tahun 1996: Steve Jobs kembali ke Apple dan merilis iPod serta pengembangan sistem operasi OS X.
Tahun 1999: Napster memperkenalkan protocol P2P (Peer-to-peer)
Tahun 2000: Wikipedia sebagai sumber informasi
Tahun 2004: Media jejaring sosial facebook
• Teknologi Informasi saat ini dalam berbagai bidang kehidupan
a) Education
Email untuk media komunikasi, Course management software: tool untuk administrasi tugas online, jadwal, ujian dan informasi, E-learning: media untuk pembelajaran online.
b) Health
Telemedicine: perawatan medis pasien jarak jauh, website informasi kesehatan.
c) Financial-> cashless society: penggunaan digital money (electronic wallet account) seperti di Paypal.
d) Entertainment dan art
Download musik, film, video, Penggunaan TI dalam efek film seperti Harry Potter, Lord of the Rings, Star Trek.
e) Bidang pemerintahan: implementasi e-government, perijinan online.
f) Karir
Konsultasi karir online, Pencarian dan melamar kerja online, interview online.
• Teknologi Informasi masa depan
a) Web semantics: web yang lebih cerdas, sehingga mengerti apa yang diinginkan pengguna.
b) Web Mobile: aplikasi web yang dapat di akses dengan berbagai perangkat mobile.
c) Internet of Things: embedded systems-> segala peralatan mempunyai alamat/IP unik yang terhubung ke internet sehingga dapat dikontrol dari jarak jauh.
d) Biomedical Engineering
e) Cloud Computing: gabungan pemanfaatan teknologi komputasi dan pengembangan berbasis internet (awan).

2. Bagaimana peranan telematika dalam bidang pendidikan? Berikan contohnya!
• Video Teleconference
Keberadaan teknologi ini memungkinkan siswa atau mahasiswa dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan, saling mengenal bangsa di dunia. Teknologi ini dapat digunakan sebagai sarana diskusi, simulasi, bermain peran pada kegiatan pembelajaran yang berfungsi menumbuhkan kepercayaan diri dan kerjasama yang bersifat social.
Contohnya: Skype, atau perlengkapan peralatan seperti (kamera video/webcam, proyektor, mikrofon, pengeras suara, jaringan telepon/LAN/Internet).
• Pelatihan Jarak Jauh dalam jaringan Cyber System
Pendidikan dan pelatihan jarak jauh diperlukan untuk memudahkan akses serta pertukaran data, pengalaman dan sumber daya dalam rangka peningkatan mutu dan keterampilan professional dari SDM di Indonesia. Contohnya Cyber System.
• Perpustakaan Elektronik (e-library)
Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku dengan di Bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya.
Contohnya, Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia, yaitu informasi yang ada di perpustakaan tersebut dapat di akses melalui internet.
• Surat Elektronik (e-mail)
Dengan aplikasi sederhana seperti e-mail maka seorang dosen, pengelola, orang tua dan mahasiswa dapat dengan mudah berhubungan. Contohnya adalah email yang dapat dibuat di yahoo ataupun di google.
• Ensiklopedia
Sebagian perusahan yang menjajakan ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga diharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tapi juga video, audio, tulisan dan gambar, dan bahkan gerakan. Dan data informasi yang terkandung dalam ensklopedia juga telah mulai tersedia di internet. Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, maka data dan informasi yang terkandung dalam ensiklopedi elektronik dapat diperbaharui. ensiklopedia adalah sejumlah tulisan yang memberikan penjelasan secara lebih mendalam dari yang kita cari.
Contohnya adalah Ensiklopedia Geografi yang menyajikan setiap bagian belahan bumi secara terperinci.
• Sistem Distribusi Bahan Secara Elektronis ( digital )
Dengan adanya sistem ini maka keterlambatan serta kekurangan bahan belajar bagi warga belajar yang tinggal di daerah terpencil dapat teratasi. Contohnya adalah internet.
• Dokumen Elektronik (e-document)
Ilmu pengetahuan tersimpan dalam berbagai bentuk dokumen yang sebagian besar tercetak dalam bentuk buku, makalah atau laporan informasi semacam ini kecuali sukar untuk diakses, juga memerlukan tempat penyimpanan yang luas. Beberapa informasi disimpan dan dapat dikelola dalam suatu sistem.
Contoh dokumen elektronik adalah surat lamaran via Internet, proposal, kamus spelling, contoh-contoh program.

3. Apa manfaat dan dampak negatif dari perkembangan telematika, jelaskan!
Manfaat:
• Manfaat internet dalam e-Business
Dapat menekan biaya transaksi dalam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
• Manfaat internet dalam e-Government
Meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
• Dalam bidang kesehatan dan pendidikan telah memberikan nilai tambah bagi masyarakat.
• Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis/electronic commerce (e-commerce).
• Pembangunan sektor Telematika diyakini akan mempengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.

Dampak Negatif
• Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding, adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
• Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi penipu.
• Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
• Kejahatan telematika merugikan individu,misalnya Lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.
• Kejahatan telematika merugikan perusahaan atau organisasi, Pada tahun 1995, Julio Cesar Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan mengganti (cracking) data sistem yang ada di Fakultas Arts and Science Universitas Harvard.

4. Bagaimana cara mengatasi dampak negatif dari perkembangan telematika tersebut?
a. Pengendalian akses
Pengendalian akses dapat dicapai dengan tiga langkah, yaitu:
• Identifikasi pemakai (user identification).
Mula-mula pemakai mengidentifikasikan dirinya sendiri dengan menyediakan sesuatu yang diketahuinya, seperti kata sandi atau password. Identifikasi tersebut dapat mencakup lokasi pemakai, seperti titik masuk jaringan dan hak akses telepon.
• Pembuktian keaslian pemakai (user authentication).
Setelah melewati identifikasi pertama, pemakai dapat membuktikan hak akses dengan menyediakan sesuatu yang ia punya, seperti kartu id (smart card, token dan identification chip), tanda tangan, suara atau pola ucapan.
• Otorisasi pemakai (user authorization).
Setelah melewati pemeriksaan identifikasi dan pembuktian keaslian, maka orang tersebut dapat diberi hak wewenang untuk mengakses dan melakukan perubahan dari suatu file atau data.
b. Memantau adanya serangan pada sistem
Sistem pemantau (monitoring system) digunakan untuk mengetahui adanya penyusup yang masuk kedalam sistem (intruder) atau adanya serangan (attack) dari hacker. sistem ini biasa disebut “intruder detection system” (IDS). Sistem ini dapat memberitahu admin melalui e-mail atau melalui mekanisme lain. Terdapat berbagai cara untuk memantau adanya penyusup. Ada yang bersifat aktif dan pasif. IDS cara yang pasif misalnya dengan melakukan pemantauan pada log file.
c. Penggunaan enkripsi
Salah satau mekanisme untuk meningkatkan keamanan sistem yaitu dengan menggunakan teknologi enkripsi data. Data-data yang dikirimkan diubah sedemikian rupa sehingga tidak mudah diketahui oleh orang lain yang tidak berhak.