Analisis tugas adalah proses menganalisa bagaimana manusia melaksanakan tugas, apa saja yang dilakukan, peralatan yang digunakan, dan hal-hal apa saja yang perlu diketahui.Definisi lain, analisis tugas adalahsebuah studi mengenai cara manusia melakukan tugasnya dengan objek yang ada.

Analisis tugas dalam hal pembuatan sistem berfungsi untuk mendapatkan sistem yang sedetail mungkin dan berdialog dengan penggunanya seramah mungkin. Sistem yang dibuat akan dianalisis sehingga memiliki kemampuan yang spesifik mungkin, namun tidak rumit atau malah menyulitkan.

Teknik analisis tugas memiliki ruang lingkup yang luas meliputi tugas yang melibatkan penggunaan komputer dan memodelkan aspek dunia nyata baik yang menjadi bagian maupun tidak dalam sistem komputer.Teknik analisis tugas terdiri dari tiga cara, yaitu dekomposisi tugas, analisis berbasis pengetahuan, dan teknik berbasis relasi entitas.

Dekomposisi tugas adalah ruang lingkup suatu objek yang dianalisa, dipersempit dengan dibagi kedalam beberapa sub tugas, contohnya membersihkan ruangan, dibagi menjadi membersihkan ruang kamar, ruang tamu, ruang makan. Analisis berbasis pengetahuan adalah suatu objek dianalisa berdasarkan pada ilmu pengetahuan yang ada, contohnya hewan digolongkan menjadi invertebrate dan vertebrata, hewan vertebrata adalah ikan, burung, reptil, amfibi, mamalia dan seterusnya. Teknik berbasis relasi entitas adalah suatu objek dianalisa berdasarkan pada hubungan/ keterkaitan yang ada.

Analisis tugas memungkinkan membuat suatu struktur data mengenai tugas dan hasilnya akan baik jika didukung oleh sumber daya yang baik pula. Proses analisis data tidak semata-mata mengumpulkan, menganalisis, mengorganisasikan data dan merepresentasikan hasil namun kadangkala kita harus kembali melihat sumber informasi tersebut dengan pertanyaan dan cara pandang yang baru.Beberapa sumber informasi yang dapat dijadikan bahan analisis tugas adalah dokumentasi, observasi, wawancara, analisis awal.

Dokumentasi adalah pengumpulan,pengolahan dan penyimpanan informasi suatu kejadian. Observasia dalahpengamatan.Wawancara adalah bertanya kepada orang yang ahli pada bidang tugas yang dianalisa. Analisis awal adalah tahap awal yang dilakukan dengan mendaftar objek dan aksi dasar dengan menelusuridokumen yang ada.

TOPIK: Analisis Tugas

Kerangka Karangan:
I. Pengertian Analisis Tugas
II. Tujuan Analisis Tugas
III. Teknik Analisis Tugas
IV. Penjelasan Tiga Cara Analisis Tugas
V. Sumber Informasi dan Pengumpulan Data
VI. Penjelasan Sumber Informasi yang Dapat Dijadikan Bahan
Analisis Tugas