Contoh Artikel :
1. Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer. Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda. Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.
2. Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic) untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditansmisikan ke computer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging, integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.

Tugas:
1. Tentukan ragam bahasa artikel di atas !
Ragam bahasa merupakan salah satu ragam bahasa yang diterima untuk dipakai dalam situasi resmi atau formal baik lisan ataupun tulis yang pada umumnya mengacu pada bahasa orang terdidik atau terpelajar.

Jadi, ragam bahasa pada artikel di atas adalah ragam bahasa baku atau resmi, karena pilihan katanya banyak yang sudah baku.

2. Cari diksi (pilihan kata) dalam bidang sistem informasi yang ditemukan pada artikel tersebut dan jelaskan secara definitif.
Definitif adalah definisi atau pengertian.
Dari artikel di atas diksi (pilihan kata) beserta definitif (pengertian) yaitu :
• Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Definitifnya tidak ada dalam artikel

• Perangkat lunak sistem = antarmuka pengguna (persamaan kata). Pengertian (definitif) yaitu layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer (Pilihan kata dan definitif berada pada artikel).

• Dashboard adalah sebuah visualisasi sederhana tentang indikator. Indikator inilah yang diukur kedalam sebuah satuan yang divisualisasikan dalam sebuah bentuk gambar atau angka.

• Program Aplikasi adalah Perangkat lunak aplikasi, yaitu suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna

• Scanner adalah Pemindai, merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain

• Transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

• Integrasi adalah kesempurnaan atau keseluruhan

• Komputer grafis adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital

3. Temukan kesalahan penalaran, penulisan, dan efektivitas kalimat (gramatikal kalimat) (jika ada) dan lakukan perbaikan pada kalimat tersebut.
Kesalahan Penalaran
• Apa yang pertama kali
Kata “Apa yang” Seharusnya dihilangkan
penulisan yang benar yaitu:Pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer.

Karena penggunaan kata tanya “apa yang” pada awal kalimat kurang tepat, kalimat tersebut bukan kalimat tanya, melainkan kalimat penjelasan.

• Dunia Industry baru
dapat disalah artikan menjadi dunia baru atau industri yang baru.
Seharusnya” industry baru” kata dunia dihilangkan.

Kesalahan Penulisan
• Bias seharusnya bias
• Computer seharusnya Komputer
• Industry seharusnya industri
• Electronic imaging seharusnya penulisan dicetak miring
karena masih termasuk kedalam bahasa asing.

Efektivitas Kalimat
Efektivitas kalimat adalah kalimat yang singkat, padat dan dapat menyampaikan pesan secara tepat dan dapat dipahami secara tepat pula.

Jadi, kalimat yang tidak efektif dari artikel diatas adalah
• Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic) untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital.

Kata “ke” adalah adanya kata depan yang tidak perlu dituliskan
• Gambar tersebut kemudian bisa diproses oleh komputer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditansmisikan ke komputer lain.
Kata “bisa” seharusnya tidak harus dituliskan karena katanya berlebihan.

4. Temukan kalimat topik dalam artikel di atas dan kembangkan opini kalian dengan topic tersebut.
Paragraph 1 : Topiknya mengenai Perangkat Lunak Sistem
Opini :
Biasanya, antarmuka pengguna atau user interface di desain sangat mengarik agar pengguna atau pengunjung tertarik mengunjungi situs tersebut atau membuka komputer tersebut agar tidak bosan dilihatnya. Antarmuka pengguna atau user interface juga berfungsi sebagai interaksi manusia dengan komputer. Dengan adanya interface manusia dapat dengan mudah melakukan pekerjaan dengan komputer.

Paragraph 2 : Topiknya mengenai Scanner
Opini:
Dengan adanya scanner, data yang ada di kertas, foto yang sudah dicetak dapat dikirimkan ke tempat tujuan yang jaraknya lumayan jauh dengan waktu yang singkat. Scanner dapat mempermudah pengiriman data, gambar, foto dan dokumen penting lainnya tanpa harus dikirim oleh jasa pengiriman barang, maupun dapat disimpan di dalam laptop atau komputer kita sebagai data pribadi.