Secara definisi elastisitas penawaran karena harga adalah persentase perubahan jumlah penawaran. Elastisitas ini biasanya positif karena harga yang lebih tinggi memberi insentif kepada para produsen untuk meningkatkan output. Elastisitas penawaran dapat juga dihubungkan dengan variabel- variabel seperti suku bunga, upah rata- rata dan harga bahan baku serta barang- barang lain yang dipakai untuk membuat produk tersebut. Misalnya kebanyakan barang buatan pabrik, maka elastisitas penawaran karena harga bahan baku adalah negatif. Kenaikan harga bahan baku input berarti biaya produksi yang lebih tinggi untuk perusahaan, jadi jika variabel- variabel lain tetap sama, jumlah penawaran akan turun.

Elastisitas penawaran karena harga secara matematis dirumuskan sebagai berikut:

Kriteria tingkat elastisitas penawaran karena harga, yaitu:
• Jika Es = 0 disebut inelastis sempurna, artinya bila harga jual per unit mengalami kenaikan 1%, tidak mengakibatkan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen tidak bertambah atau berkurang.
• Jika Es 1 disebut elastis berarti bila harga jual per unit mengalami kenaikan sebesar 1%, mengakibatkan jumlah barang yang ditawarkan naik lebih besar dari 1%.
• Jika Es = 1 disebut unitary berarti bila harga jual per unit mengalami kenaikan sebesar 1%, akan mengakibatkan bertambahnya jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen sebesar 1%.
• Jika Es = tidak terhingga (∞) disebut elastis sempurna berarti berapapun harga jual per unit ditawarkan, tidak akan mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan produsen ke pasar.

Gambar kurva penawaran berdasarkan tingkat elastisitas penawaran karena harga sebagai berikut:

Faktor- faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran karena harga sebagai berikut:
• Keleluasaan untuk meningkatkan produksi
Jika input mudah didapat, maka output akan naik lebih besar jika harga barang naik. Jika kapasitas produksi terbatas, maka peningkatan harga output akan ditanggapi dengan kenaikan output yang relatif lebih kecil.
• Jangka waktu untuk merespons
Perubahan harga cenderung mempunyai dampak yang besar pada kuantitas yang ditawarkan, jika jangka waktu produsen untuk merespons perubahan harga lama.

Berikut ini contoh elastisitas penawaran karena harga, yaitu inelastis sempurna (Es = 0)
Sebuah barang televisi diproduksi sebanyak 1000 unit dengan harga jual per unit dibuat bervariasi sesuai schedule pengeluarannya.

Gambar kurva penawaran karena harga sebagai berikut: