Sebagai makhluk pribadi manusia mempunyai hak dan kewajiban . Dari kewjiban yang harus dijalankan itulah maka kemudian melahirkan tanggung jawab .Setiap orang secara pribadi bertanggung atas segala perbuatannya. Tetapi karena manusia juga makhluk social maka manusia juga harus bertanggung jawab kepada masyrakat.
Tanggung jawab adalah suatu kewajiban yang harus dipikul seseorang atau sekelompok orang untuk mewujudkan atau meraih sesuatu yang lebih baik , lebih sukses.
Dari awal kehidupan manusia tidak pernah lepas dari apa yang disebut tanggung jawab, karena Allah membimbing kita , Allah memberi tanggung jawab kepada kita sebagai khalifah dibumi, bagaimana mengelola bumi ini dengan penuh rasa tanggung jawab , bagaimana kita mengelola hewan ,tumbuhan dan kekayaan alam yang diberikan Allah kepada kita, semua diberikan Allah kepada manusia untuk dapat dikelola dengan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri, tanpa tanggung jawab semua itu tidak mungkin dapat diwujudkan.
Selain itu, manusia sebagai warga Negara dari suatu Negara manusia mempunyai kewajiban terhadap Bangsa dan Negaranya . Bila manusia melalaikan kewajibannya sebagai warga Negara tentu hal ini akan berdampak pada masyarakat,bangsa dan negaranya , oleh sebab itu sebagai warga negara manusia juga punya tanggung jawab atau bertanggung jawab kepada negara.
Manusia ada bukan dengan sendirinya, tetapi merupakan ciptaan Tuhan , karena itu manusia berkewajiban bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kelalaian akan kewajibannya terhadap Tuhan, harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan.
Tanggung jawab adalah sesuatu yang harus kita lakukan, yang sudah menjadi sebuah tanggung jawab kita. Jika kita tidak melakukannya, maka kita termasuk orang yang tidak bertanggung jawab.
Manusia dan Tanggung jawab sangat memiliki hubungan yang sangat erat karena manusia tumbuh berkembang, mulai dari seorang anak kecil, menjadi seorang kakak, ibu, dan pimpinan keluarga. Semakin kita tumbuh dewasa, maka tanggung jawab kita semakin besar.