Al quran sebagai pegangan hidup manusia sebagai pembeda yang halal dan haram , Al quran berisi perintah dan larangan yang harus dipedomani umat manusia agar manusia itu dapat selamat dunia akhirat. Sedangkan Al Hadist berisi perkataan, perbuatan , tingkah laku nabi dalam menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Agar umat manusia dapat selamat,sejahtera, aman dan sentosa dari dunia sampai akhirat nanti.
Sabda Rosululloh SAW berpegang lah kalian pada 2 hal ini yaitu Al Quran dan Al Hadist maka kalian tidak akan tersesat selama-lamanya
Pandangan hidup adalah pedoman manusia dalam menjalani kehidupannya. Dalam agama Islam, pedoman hidup manusia adalah Al- Qur’an dan Al Hadist. Di dalam Al- Qur’an tersebut berisi perintah- perintah Allah yang harus kita jalankan selama hidup di dunia ini, dan larangan- larangan Allah yang tidak boleh kita lakukan selama hidup di dunia ini. Perintah- perintah tersebut wajib hukumnya sedangkan larangan- larangannya jika dilakukan haram hukumnya.
Beberapa perintah- perintah Allah SWT adalah mengerjakan shalat lima waktu, membayar zakat, bershadaqah, pergi haji jika mampu, berperilaku adil, jujur, tidak sombong, dermawan, bijaksana, baik hati, tidak egois, tidak kikir, tidak menghibah orang lain, tidak boleh memfitnah orang lain, sayang kepada makhluk hidup yaitu seperti hewan dan tumbuhan, tidak boleh merusak ataupun membunuh, saling sayang, tolong- menolong kepada sesama manusia.
Dalam pelaksanaannya perintah-perintah Allah tersebut dicontohkan dengan Al Hadist.
Adapun larangan- larangannya adalah tidak boleh makan makanan yang dilarang oleh Allah, tidak boleh minum minuman beralkohol, tidak boleh melakukan perbuatan zina, tidak boleh membunuh, karena ke semua itu adalah sebuah dosa yang sangat besar.
Dari perintah dan larangan Allah tersebut, maka ke semua itu adalah pedoman bagi kita agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur berahlak mulia , dan tidak melakukan hal- hal yang keji yang dilarang agama.

Jika manusia hidup di dunia ini, tidak mempunyai pedoman hidup, maka dunia ini akan kacau balau.