Tidak jauh dari rumahku tepat di pertigaan jalan terdapat POS RW , berbagai aktivitas masyarakat seperti arisan RT bapak-bapak, ronda malam, imunisasi balita, penyuluhan/ pelatihan menggunakan kompor gas, pemilihan ketua rt, syukuran Hari Kemerdekaan RI dan kegiatan masyarakat RW 03 lainnya dilakukan disana.

Untuk menciptakan lingkungan yang aman di sekitar daerah RT saya, warga sekitar berinisiatif menggelar Ronda malam yang dilaksanakan setiap malam hari secara bergantian yang dilakukan oleh bapak-bapak , lama kelamaan karena bapak-bapaknya pada siang harinya banyak yang berangkat kerja , diadakan rapat RT yang kemudian memutuskan untuk mengumpulkan iuran perbulannya untuk membantu pelaksanaan ronda malam tersebut dengan mengangkat petugas ronda malam, sedangkan bapak- bapak yang lain ada saja yang menemani secara sukarela.

Kegiatan Imunisasi balita pun diadakan 3 bulan sekali di sekitar rumahku. Ini menunjukkan bahwa masyarakat saat ini sudah sadar akan pentingnya kesehatan. Terutama kesehatan bagi balita yang masih sangat rentan terhadap penyakit. Didalam kegiatan ini tidak dikenakan biaya, karena kegiatan ini gratis dan sudah ditanggung oleh pemerintah. Diberikan untuk semua kalangan, baik kalangan yang tidak mampu maupun yang mampu dikhususkan untuk semua balita agar kesehatannya terjamin dan terjaga. Menciptakan kehidupan yang sehat untuk generasi penerus bangsa. Sedangkan kegiatan Pos Yandu biasanya diadakan setiap 1 Minggu sekali yaitu hari Rabu, balita ditimbang, diperiksa, dicatat perkembanganya oleh ibu-ibu kader pos yandu.

Penyuluhan/ pelatihan kompor gas kadang-kadang juga dilakukan di Kantor Pos RW tersebut gunanya untuk menghindari dan mengantisipasi adanya korban yang bertambah akibat gas meledak, bocor dan sebagainya yang dapat mengakibatkan luka bakar pada setiap orang, menghindari jangan sampai menelan korban. Kegiatan ini dilakukan untuk masyarakat agar mengetahui bagaimana menggunakan kompor dengan baik dan benar. Dalam kegiatan ini diberitahukan apa saja yang harus dilakukan apabila tabung gas elpiji mengalami kebocoran, langkah- langkah awal yang harus dilakukan dan cara menanganinya. Didalam penyuluhan ini diberitahukan bahwa jika tercium bau gas jangan menyalakan kompor ,periksa dulu bahwa gas tidak bocor atau tidak berbau barulah kompor boleh dinyalakan , jika ada bunyi berdesis dari dalam gas juga harus diwaspadai jangan menyalakan kompor gas dulu, harus dipastikan bahwa gas dalam keadaan tidak bocor atau dalam keadaan aman barulah kompor boleh dinyalakan, karena hal itu sangat berbahaya. Jika dirumah kita ada orang yang sudah diatas 60 tahun dan tidak terbiasa menggunakan kompor gas sebaiknya pada saat menyalakan kompor harus didampingi oleh orang yang lebih mengerti.

Pemilihan Ketua RT juga dilakukan di Kantor Pos RW ini, warga berkumpul disini kemudian para bakal calon Ketua RT masing – masing menyampaikan Visi dan Misinya dihadapan semua warga setelah itu warga memberikan suaranya, nah setelah terkumpul semua kertas suara dari warga masyarakat barulah diadakan penghitungan suara yang juga disaksikan warga, dengan cara penentuan suara terbanyak itulah Ketua RT kami kemudian diangkat sebagai Pejabat dilingkungan kami. Biasanya ada 3 calon yang diajukan untuk pemilihan Ketua RT dan warga memilih salah satu diantara 3 orang tersebut.

Syukuran hari kemerdekaan juga dilakukan di Kantor Pos Rw, Kegiatan ini dilakukan agar kami semua mempunyai jiwa cinta tanah air, dan semangat kebangsaan, mengenang jasa- jasa para pahlawan, dan mengisi kemerdekaan sekarang ini dengan melakukan pembangunan disegala bidang, menjadi warga Negara Indonesia yang berperilaku baik dan bertanggung jawab, belajar dengan sungguh-sungguh dan bekerja keras untuk mengisi kemerdekaan bangsa. Masyarakat harus bahu membahu , bergotong royong untuk dapat mengentaskan kemiskinan dan kebodohan agar kita tidak dijajah lagi oleh bangsa lain baik secara fisik, mental maupun secara ekonomi, kita tidak boleh menjadi warga masyarakat yang apatis, tidak peduli dengan keadaan masyarakat sekitar maupun warga masyarakat lainnya. Warga di lingkungan RT saya, dikumpulkan, wajib datang ke tempat pos RW, acara pertama kali adalah sambutan dari ketua RT, kemudian sambutan dari ketua RW, lalu sambutan dari Lurah setempat atau yang mewakilinya, lalu DO’a bersama yang dipimpin oleh tokoh masyarakat yang kebetulan juga seorang guru agama disalah satu SMA, setelah itu pembagian hadiah untuk peserta lomba yang memenangkan perlombaan juara 1,2 dan 3 baik untuk lomba anak-anak, remaja maupun orang tua. Setelah acara pembagian hadiah selesai, adalah acara yang ditunggu- tunggu yaitu beramah tamah sambil menikmati hidangan yang dimasak oleh ibu-ibu warga masyarakat dengan dana yang dikumpulkan juga dari warga masyarakat , biasanya kami makan bersama secara prasmanan lalu turut juga menikmati nasi tumpeng yang tersedia.

Agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat biasanya secara periodik dilakukan Kerja bakti lingkungan oleh bapak- bapak dan juga remaja serta dibantu ibu-ibu dilaksanakan berpusat di POS RW, warga bergotong royong membersihkan lingkungan, sampah-sampah dibersihkan, saluran air juga dibersihkan, tanaman juga dirapikan supaya terlihat bersih, indah, sejuk dan asri di lingkungan sekitar kita . Bapak- bapak melakukan kerja yang agak berat seperti mengangkat sampah, membersihkan saluran air dan sebagainya bersama para remaja putra dan para ibu bersama para remaja putri membantu dengan menyajikan makanan serta minuman untuk para bapak dan remaja putra yang sedang bekerja bakti.

Dari Kisah diatas dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan atau acara seperti diatas dilakukan untuk mempererat hubungan antar warga masyarakat di lingkungan sekitar kita. Maka insya Allah akan terjalin lingkungan yang harmonis, bergotong royong, bekerja sama, dan saling membantu .